Jelajah Sabang Bersama Tim Badan Informasi Geospasial (BIG)

Alhamdulillah, saya terpilih sebagai salah satu pemenang dalam Kompetisi Blog #Geospasial untuk Kita yang diselenggarakan dalam rangka hari Informasi Geospasial yang jatuh setiap tanggal 12 Oktober.

Pemenang pertama adalah Rifki Fauzi, mahasiswa semester 9 Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dengan tulisan Anda Orang Tua? Yuk Hindari Anak Hilang dan Membolos Sekolah dengan Geospasial. Sebagai seorang mahasiswa Geografi, Rifki sangat memahami tentang apa itu informasi geospasial.

Pemenang kedua adalah Deddy Huang, wong kito dari Palembang, dengan tulisan Liburan Ke Palembang Bermodal Informasi Geospasial. Deddy Huang adalah blogger travelling & culinary sudah yang  punya nama dan sering menjadi juri lomba blog.

Saya sendiri, dengan tulisan Pos Lintas Batas Negara Skouw Jayapura dan Pentingnya Informasi Geospasial terpilih sebagai juara ketiga.

Hadiahnya, selain uang dan piagam, adalah jalan-jalan ke kota paling ujung barat Indonesia, Sabang. Waktunya bersamaan dengan penyelenggaraan Sail Sabang 2017, yang diselenggarakan pada tanggal 28 Nopember sampai dengan 5 Desember 2017.

Saya pribadi sangat bergembira terpilih sebagai pemenang dalam ajang lomba tersebut. Pengetahuan saya tentang informasi geospasial sangat minim. Untung panitia memberikan beberapa pilihan fokus ; gaya hidup, traveller dan ibukota baru.  Saya memilih fokus pada traveller. Kebetulan beberapa waktu sebelumnya saya mendapat tugas dinas ke Jayapura dan saya mendapat kesempatan mengunjungi Skouw, wilayah Jayapura yang langsung berbatasan dengan Papua Nugini.

Perjalanan ke Sabang

Semula saya berharap bisa datang ke Sabang tepat pada hari pembukaan Sail Sabang tanggal 2 Desember 2017. Dari informasi yang saya baca, acara tersebut akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dan diisi dengan berbagai atraksi seperti tarian massal, terjun payung, aerobatic show, paramotor hingga parade kapal.

Ternyata kami bertiga baru masuk kota Sabang pada tanggal 3 Desember-nya sehingga kami tidak bisa mengikuti acara pembukaan. Pertimbangannya mungkin karena kapasitas sarana dan akomodasi di Sabang sangat terbatas, sehingga pada tanggal 2 tersebut difokuskan hanya untuk para tamu VIP saja. It’s ok, tidak masalah bagi kami.

Pada saat acara pembukaannya sendiri Presiden Joko Widodo tidak bisa hadir dan digantikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Karena hujan yang sangat deras beberapa acara yang sudah dipersiapkan sejak lama urung ditampilkan pada acara tersebut.

Rekan saya, Rifki Fauzi dan Deddy Huang sendiri sebenarnya sudah mendarat di Banda Aceh pada tanggal 2 Desember siang. Saya, karena ada acara dinas, baru menyusul pada tanggal 3 Desember dari Medan.

Begitu mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda, saya sudah dijemput oleh supir yang sudah disiapkan oleh tim BIG. Dari bandara saya langsung di bawa ke Masjid Raya Aceh untuk menyusul Rifki dan Deddy yang sudah didrop terlebih dahulu di tempat tersebut. Sampai di masjid, ternyata mereka sudah berpindah ke Muesum Tsunami yang letaknya tidak begitu jauh dari masjid. Setelah mengambil gambar masjid raya, saya kemudian menyusul mereka ke museum. Setelah keliling museum kami kemudian bergerak ke Monumen PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Apung, salah satu saksi bisu kedahsyatan Tsunami Aceh yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004.

big4

Berpose bersama di Museum PLTD Apung Banda Aceh

Dari museum ini, kami langsung bergerak menuju pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh untuk menyebrang ke Pelabuhan Balohan di Pulau Weh Sabang. Sekitar pukul 14.00 kami naik kapal cepat. Satu jam kemudian kami sudan sampai ke Pulau Weh, dimana kota Sabang berada.

Jelajah kota Sabang

Sore tanggal 3 Desember tersebut, setelah meletakkan barang-barang di hotel, kami bertiga langsung jalan-jalan di sekitar hotel. Di sekitar hotel tempat kami menginap, terdapat beberapa acara yang diselenggarakan untuk memeriahkan gelaran acara Sail Sabang, anatar lain Pasar Malam dan Sabang Fair.

Malamnya, kami baru bisa bertemu dengan tim BIG yang sudah datang beberapa hari sebelumnya. Mereka membuka booth untuk pameran di dalam rangka memeriahkan Sail Sabang 2017.  Sambil menyantap berbagai kuliner khas Aceh, kami merencanakan perjalanan menjelajahi kota Sabang untuk waktu dua hari.

Pemandangan kota Sabang ternyata sangat indah. Selain wisata alam, kita juga bisa berwisata sejarah, budaya dan tentu saja kuliner di kota paling barat Indonesia.

Beberapa tempat yang sempat kami jelajahi Gua Sarang, Kapal Pattaya III, Tugu 0 Kilometer, bungker peninggalan Jepang di Anoi Item dan snorkeling di pulau Rubiah.

Stan Pameran BIG

Pada gelaran Sabang Sail 2017 ini, BIG membuka stan pameran pada Wonderful Sabang & Marine Expo yang berlokasi di Pelabuhan Container Terminal (CT) – III, Pasiran Sabang pada tanggal 1 – 5 Desember 2017.

Stan BIG yang selalu ramai yang dikunjungi

Beruntung kami bertiga bisa bergabung dengan tim dari BIG untuk bersama-sama memeriahkan stan pameran tersebut pada tanggal 5 Desember 2017. Stand expo BIG menampilkan berbagai informasi tentang IG dasar, IG tematik, insfrastruktur IG dan berbagai layanan lainnya. Pada kesempatan tersebut juga dibagikan berbagai produk publikasi dari BIG , baik yang berbentuk media cetak, aplikasi multi media dan peta kepada para pengunjung yang hadir.

big5

Pak Dian Ardiansyah dari BIG yang selalu setia menemani kami

Sepanjang pelaksanaan expo, stand BIG selalu ramai dikunjungi pengunjung, baik pelajar, pegawai, dan masyarakat umum lainnya.

Saya cukup berbangga bisa bergabung dengan tim BIG. Mudah-mudahan di lain waktu saya juga masih diberi kesempatan untuk bergabung kembali.

2 Tanggapan so far »

1. 1

Deddy Huang said,

AC di dalam stand dingin euy..