Pesan Hotel, Pasti Traveloka

Saat ini saya bertugas di bagian audit sebuah BUMN yang berkantor pusat di Bandung. Salah satu tugas utama saya dan teman-teman adalah melakukan audit internal terhadap  11 kantor regional yang tersebar di ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Jadi, hampir setiap bulan  kami melakukan perjalanan ke luar kota dengan durasi waktu antara 2 sampai 3 minggu setiap kali jalan. Biasanya kami berangkat berombongan antara 6 sampai 10 orang.

Sebelum berangkat, selain masalah dinas, biasanya kami juga mendiskusikan berbagai yang berkaitan dengan akomodasi pesawat transportasi dan hotel yang akan digunakan.

Untuk pesawat biasanya diskusi kami tidak akan berlama-lama. Kalau sudah sepakat jam berapa berangkat, maka kita langsung akan memilih salah satu maskapai penerbangan yang jadwal dan harganya masuk.

Yang agak alot biasanya adalah saat menentukan di hotel mana rombongan akan menginap.  Beberapa teman yang pernah berdinas ke kota yang akan kami tuju biasanya akan memberikan referensi tentang hotel-hotel yang pernah diinapi.

Jika punya pengalaman yang menyenangkan, biasanya mereka akan merekomendasikan hotel tersebut. Sebaliknya, jika tak enak, mereka juga akan bercerita.

Yang agak susah, pengalaman enak dan tidak enak ini kadang sangat subyektif. Boleh jadi teman yang satu cocok dengan hotel A karena hotel tersebut punya fasilitas kolam renang. Teman yang lain yang suka menyanyi lebih memilih hotel B karena ada fasilitas karaokenya. Teman lain lagi lebih memilih hotel C karena cocok dengan menu restonya.

traveloka9.jpg

Hotel Grand ABE Abepura Jayapura, tempat kami menginap di Jayapura (Dokpri)

Diskusi soal hotel ini kadang berlangsung agak alot dan bisa tidak selesai dalam waktu sehari . Kadang-kadang, ketika waktu keberangkatan sudah mendesak, soal hotel ini baru bisa diputuskan.

traveloka7.jpg

Kamar Grand ABE Hotel Abepura Jayapura (Dokpri)

 Untung Ada Traveloka

Untungnya saat ini ada Traveloka, sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk memesan hotel, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.  Lewat Traveloka, memilih hotel  di kota yang akan dikunjungi menjadi sangat mudah.

Beberapa pertimbangan yang biasa kami gunakan untuk memilih hotel adalah soal kedekatan letak hotel dengan kantor tempat kami bekerja.

Lewat Traveloka, kita bisa mengetahui hotel-hotel mana yang letaknya dekat dengan kantor karena kita bisa langsung mencari mencari hotel di lokasi yang terdekat. Meskipun ada hotel yang bagus, tetapi karena letaknya jauh dari kantor, biasanya kami tak akan memilihnya.

Pertimbangan berikutnya adalah soal fasilitas, demi untuk memenuhi aspirasi banyak orang. Kalau bisa, kita mencari hotel yang ada fasilitas kolam renang, karaoke dan sajian makanannya bisa memanjakan lidah.

Pertimbangan lainnya adalah soal tarif. Karena tarif per kamar sudah dibatasi plafonnya, maka kami harus memilih hotel yang sesuai tarif, biar kami tidak nombok.

Yang juga tidak kalah penting adalah fasilitas wifi. Soal wifi ini, mungkin bagi sebagian orang menganggap sepele. Tetapi bagi kami sangat penting karena saat mengerjakan tugas di hotel, kami mutlak membutuhkan jaringan internet yang kencang dan anti lelet.

Saat bertugas di Papua bulan Agustus 2017 lalu, kami sempat keteteran juga soal internet ini. Di sana, hanya ada satu operator yang sinyalnya kenceng, operator yang saya pakai sinyalnya mentok hanya sampai 2G. Di hotel yang kami inapi, jaringan wifi-nya ternyata tidak bisa tembus sampai kamar. Kalau mau kenceng, kita harus turun di lobi.

Tetapi di kota-kota lain yang pernah kami kunjungi, jaringan internetnya rata-rata cukup bagus, termasuk di hotel yang kami inapi.

Untuk menentukan di mana hotel yang akan kami pilih, biasanya kami juga mempertimbangkan rating dan ulasan yang diberikan oleh para pengguna lain. Rating dan ulasan ini biasanya sesuai dengan kondisi yang ada dan jarang sekali meleset.

Mudahnya Memesan Hotel Lewat Traveloka

Setelah kami sepakat menemukan hotel, biasanya kami akan langsung memesan hotel lewat Traveloka. Cara melakukan pemesanan dan pembayaran hotel lewat aplikasi ini juga sangat mudah.

 

traveloka10.jpg

Beberapa alasan kenapa memilih Traveloka untuk memesan hotel (Diolah dari traveloka.com)

Untuk alat pembayarannya kita bisa menggunakan beberapa pilihan alat pembayaran. Bisa menggunakan ATM, m-banking, toko mart maupun lewat kartu kredit.

Setelah melakukan pembayaran, dalam waktu yang sangat cepat Traveloka akan menerbitkan voucher dan invoice hotel yang kita pesan. Voucher ini nanti harus kita tunjukkan saat kita akan check in di hotel. Sementara invoice nantinya akan dipertanggungjawabkan sebagai bukti kuitansi pengeluaran hotel yang akan mendapat ganti uang dari perusahaan.

Selama ini saya belum pernah menemui kesulitan sedikit pun untuk pemesanan hotel ini. Mudah-mudahan akan terus begitu bahkan lebih baik lagi!

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    ariesadhar said,

    Haha, kantornya di Abe. Saya kalau ke Jayapura juga nginep disitu, Maz.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: