Mudahnya Memesan Tiket Kereta Lewat Traveloka

Sejak  pertengahan tahun  2015,  saya berpindah tugas dari Jakarta ke Bandung. Karena berbagai pertimbangan, terutama sekolah anak-anak, saya mengalah tinggal sendiri di tempat kos di Bandung dan keluarga tetap tinggal di Depok.

Setiap Senin pagi, pada pukul 04.00 saya berangkat ke Bandung dengan naik angkutan travel. Perjalanan dari Depok ke Bandung pada jam tersebut biasanya lancar dan bisa di tempuh dalam waktu tiga jam. Tetapi jika berangkat setelah pukul 05.00, maka kita baru akan sampai di Bandung pada pukul 09.00 sampai pukul 10.00.

Sementara untuk pulang dari Bandung ke Depok pada hari Jumat sore, dulu saya juga  menggunakan angkutan travel yang biasa saya gunakan saat berangkat. Tetapi sejak beberapa bulan terakhir ini saya lebih banyak menggunakan kereta api.

Pertimbangan utamanya adalah soal kecepatan sampai ke rumah. Maunya saya, setiap akhir pekan ingin cepat-cepat kumpul dengan keluarga di Depok. Tetapi dengan moda angkutan travel yang biasa saya tumpangi, keinginan tersebut ternyata lebih banyak melesetnya.

Jarak Bandung – Depok yang dalam waktu normal bisa ditempuh dalam waktu 3 jam, pada akhir pekan bisa memakan waktu lebih dari 5 jam. Apalagi saat ini di sebagian sedang dilakukan perbaikan di sebagian ruas jalan tol di Cipularang sehingga otomatis juga akan memperlambat arus kendaraan.

Karena alasan tersebut, maka kemudian saya berpindah menggunakan kereta tersebut. Kereta bisa lebih cepat sampai karena tidak ada kendala macet sama sekali serta lebih nyaman dan santai.  Setelah itu hingga saat ini saya terus ketagihan naik kereta.

Biasanya saya naik kereta  Argo Parahyangan  Bandung – Gambir di stasiun Bandung. Karena tujuan saya ke Depok, maka saya turun di Stasiun Jatinegara, kemudian berpindah ke Commuter Line tujuan Manggarai dan pindah lagi ke Commuter Line jurusan Depok.  Agak ribet memang karena harus berpindah-pindah kereta. Tetapi jika dihitung-hitung tetap lebih cepat dibandingkan jika saya naik angkutan travel.

traveloka1

Pemandangan jalan Tol Cipularang dari dalam kereta (Dokpri)

Yang lebih membuat saya menikmati perjalanan dengan kereta ini adalah pemandangan sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan dengan sawah-sawah yang menghijau, birunya gunung dan perbukitan, jalan tol dan lainnya. Termasuk pemandangan  tumpukan kereta Commuter Line bekas di Stasiun Purwakarta yang ternyata juga enak dipandang.

traveloka3.jpg

Pemandangan kereta bekas di Stasiun Purwakarta (Dokpri)

Banyak Pilihan Kereta

Setiap harinya, terdapat 15 perjalanan kereta Argo Parahyangan dari stasiun Bandung tujuan stasiun Gambir, Jakarta.   Mulai kereta yang berangkat paling pagi  pada pukul 04.15 hingga kereta paling malam yang berangkat pada pukul 19.40 menit. Perjalanan kereta Bandung – Jakarta memakan waktu sekitar 3 jam 15 menit.

Harga karcisnya untuk kelas ekonomi antara 80 ribu – 90 ribu rupiah. Sementara untuk kelas ekskutif harganya 125 ribu rupiah, masih terjangkau untuk kelas pekerja seperti saya.

traveloka4.jpg

Kereta Argo Parahyangan siap berangkat dari Stasiun Bandung (Dokrpi)

Bagi saya, untuk saat ini moda angkutan yang paling aman dan nyaman  untuk perjalanan darat dari kota ke kota lainadalah kereta. Hal ini juga tidak lepas dari transformasi bisnis yang dilakukan oleh manajemen PT Kereta Api Indonesia  (KAI) yang terus berusaha untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi para penumpangnya.

Pesan Tiket Kereta Lewat Traveloka

Untuk memesan tiket kereta, saat ini kita tidak harus datang sendiri ke Stasiun. Kita bisa melakukan pemesanan secara online lewat Traveloka. Cara memesannya juga sangat mudah. Buka aplikasi atau web Traveloka, lalu pilih kereta yang akan kita gunakan, isi daftar nama, nomor identitas dan nomor telpon yang bisa dihubungi  kemudian melakukan pembayaran.

Saya biasanya membayar lewat m-banking yang saya tanam di ponsel saya. Selain  m-banking, kita juga bisa membayar lewat ATM, kartu kredit maupun toko mart.

traveloka5.jpg

Mudahnya memesan tiket kereta lewat Traveloka (diolah dari app/web Traveloka)

Beberapa kelebihan melakukan pemesanan tiket kereta lewat Traveloka antara lain kita bisa memesan last minute booking, yaitu sampai 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Selain itu kita juga bisa memilih kursi sesuai dengan keinginan kita.

Bagi saya, nomor kursi kereta sebenarnya tidak begitu masalah. Di mana saja bisa. Tetapi bagi orang lain, soal nomor kursi ternyata bisa menjadi masalah penting. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membelikan tiket kereta untuk teman saya. Saya pilihkan dia kursi nomor 1 di depan. Ternyata teman saya tersebut kurang berkenan, dia lebih suka memilih kursi no 15 atau no 16 di tengah.

Kelebihan lainnya, nama penumpang yang pernah kita input di Traveloka otomatis akan tersimpan. Jika suatu saat kita memesan tiket lagi, maka kita tidak perlu melakukan input data lagi. Ini juga akan mempercepat proses pemesanan.

Pada hari-hari biasa, kecepatan input ini mungkin kurang terasa manfaatnya. Tetapi pada saat peak season misalnya saat lebaran, kita baru bisa merasakan manfaatnya. Saat-saat peak season kita harus berebutan dengan ratusan ribu calon pemesan lainnya. Siapa cepat dia yang akan dapat.

Terus terang saya merasa puas menggunakan Traveloka!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: