Berita Terkini! Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung

Bandung adalah surga bagi dunia wisata, baik wisata alam, budaya, religi, bangunan, fashion dan yang tidak kalah serunya adalah wisata kuliner. Di berbagai sudut kota yang dijuluki sebagai Kota Kembang ini kita dapat mencicipi beraneka kuliner yang sangat memanjakan selera. Salah satunya adalah Martabak Tropica, martabak manis paling enak di Bandung.

martabak

Kedai Martabak Tropica, selalu penuh dengan pengunjung (Foto : Pribadi)

Kedai Martabak Tropica berlokasi di Jalan Burangrang No. 30 Bandung, tepatnya di samping In & Out Eatery. Untuk mencari tempat ini sangat mudah karena terdapat papan yang cukup besar di depan gerai dan terlihat running text box di sisi Jalan Burangrang.

martabaktropica

Martabak Tropica, martabak manis paling enak di Bandung (Gambar diolah dari Instagram)

Setiap hari, Martabak Tropica buka dari pukul 13.00 sampai pukul 23.00. Untuk bisa mendapatkan Martabak Tropica yang kita inginkan, kita harus sabar menanti. Tempat ini selalu penuh dengan penggemar martabak yang rela mengantri demi mendapatkan martabak idaman. Mereka tidak hanya datang dari Bandung, tetapi juga datang dari kota-kota lain seperti Jakarta, Cianjur, Bogor, Depok dan lain-lainnya.

Konsep Kafe

Tenang, meski harus antri kita tidak akan bosan berlama-lama di tempat ini. Sambil menunggu pesanan, kita bisa memesan menu lain seperti camilan, susu, kopi atau minuman dingin lainnya. Yang tidak kalah penting, kita tetap bisa melakukan update status di media sosial karena pihak toko menyediakan wifi gratis.

martabak1

Meskipun harus mengantri, para pengunjung tetap enjoy (Gambar : Foto Pribadi)

Kedai Martabak Tropica memang menawarkan konsep lain. Selama ini, martabak banyak dijajakan di gerobak pinggir jalan. Dulu, Bryan Z Leman, pemilik Martabak Tropica, juga menjual martabak dengan cara seperti itu.

Tetapi ketika jumlah pembeli terus meningkat dan membuat sekeliling gerobak menjadi sesak dan seringkali tumpah ke jalan raya, Bryan kemudian berusaha keras mencari tempat baru yang lebih luas dan dapat memberikan kenyamanan kepada para pelanggannya.

Dia kemudian membikin konsep ala kafe. Selain membeli atau memesan martabak, para pengunjung juga bisa minim kopi dan berinternet ria, sesuatu yang saat ini sangat digemari oleh anak-anak muda.

Varian Martabak Tropica

Selama ini kita hanya mengenal beberapa varian martabak klasik dengan rasa dan toping keju, susu, kacang, meises dan ketan hitam. Martabak Tropica dengan berbagai kreasi dan inovasi mencoba menghadirkan berbagai varian lain; Martabak Blacksweet Keju, Martabak Nutella Kismis Original, Martabak Green Tea Coklat, Martabak Green Tea Keju, Martabak Duo Blacksweet Red Velvet, Martabak Tipis Kering Kacang Coklat, Martabak Tipis Kering Kacang Mede, Martabak Tipis Kering Selai Durian, Martabak Pandan Jagung Keju dan Martabak 10 Rasa.

Martabak Keju merupakan martabak jenis klasik yang sampai saat ini masih menjadi varian favorit. Martabak Tropica menyediakan sekitar 25 rasa yang bisa dipilih sesuai selera pengunjung. Adonannya sangat empuk, penuh wangi butter dan rasanya mantap. Kita bisa memilih original, taro, red velvet, green tea, dan pandan.

Varian lain adalah Martabak Tipis Kering Kacang Coklat. Martabak ini lebih familiar dengan nama tipker, tipis kering. Teksturnya sangat garing dan renyah, tidak hanya kacang coklat, banyak rasa lain yang bisa dipilih di daftar menu yang tersedia.

Yang tidak kalah menarik adalah Martabak BlackSweet, martabak dengan adonan hitam dari charcoal / arang bambu dan rasa kopi. Topping yang bisa dipilih adalah keju atau keju kismis.

blacksweet

Martabak Blacksweet, warna, aroma dan rasanya hemmm yummy banget… (Gambar diolah dari Instagram)

Selain itu uga ada Martabak Pizza, martabak ini tersedia dalam size medium 6 slices dan large 8 slices. Topping & rasa adonan bisa order sesuai selera. Para pengunjung juga bisa memesan Martabak Duo, martabak inovatif dengan 2 rasa adonan dalam 1 loyang. Proses pembuatannya membutuhkan skill dan teknik khusus. Kombinasi rasanya ternyata tidak giung / kemanisan.

Yang termasuk varian baru adalah Martabak 10 Rasa, varian ini baru launching Desember 2015. Hanya tersedia dalam 1 ukuran, topping dan rasa adonan bisa pilih sesuai selera.

Sangat memanjakan mata, hidung dan lidah

Pada tanggal 6 Januari 2016, Pak Bondan Winarno, food reviewer yang terkenal dengan kosa kata “Mak Nyus” berkunjung ke Kedai Martabak Tropica. Saat itu, disamping mencicipi berbagai jenis martabak, Pak Bondan juga membagikan berbagai tips berkaitan dengan dunia kuliner.

Ada tiga tips yang menjadi poin utama dari food tasting. Yang pertama dapat menggugah selera adalah wujud dari makanan itu sendiri yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Dengan mata kita dapat melihat outlook, plating, warna, dan bentuk makanan.

Yang kedua adalah aroma yang bisa kita dapatkan melalui penciuman hidung dan yang ketiga adalah rasa yang dapat kita cicipi melalui indera pengecap. Indera pengecap merupakan hal terakhir karena merupakan hasil visualiasi dari apa yang kita lihat dan kita cium. Martabak Tropica, martabak paling manis di Bandung, sangat memenuhi tiga persyaratan tersebut, baik dari segi bentuk, aroma maupun rasanya. Martabak Tropica adalah martabak paling top dan juara.

cakalang pampis

Martabak Cakalang Pampis, resep khusus dari Pak Bondan Winarno, Maknyus! (Gambar diolah dari Instagram)

Pada saat itu Pak Bondan juga memberikan resep khusus berupa Martabak Cakalang Pampis. Saat mencicipi resep martabak ini pada kunjungan berikutnya pada tanggal 28 Januari 2016, Pak Bondan Winarno memberi kesan bahwa rasa martabak ini enak sekali. Paduan dengan martabak manis justru membuat rasa cakalangnya menonjol. Sangat gurih dan ada sensasi pedas sehingga tercipta taste yang baru, unik, dan nikmat.

Soal harga

Berapa harga yang harus kita bayar untuk bisa mendapatkan sepotong martabak yang istimewa tersebut? Martabak Tropica Bandung memasang harga martabak mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 100.000. Menurut keterangan Briyan, sebagaimana dikutip oleh kompas.com, ada tiga varian martabak manis dan martabak bolu yaitu, biasa, pandan asli dan coklat. Yang rasa pandan asli nambah Rp 5.000 dari harga biasa, kalau yang coklat atau spesial nambah Rp 15.000 dari harga biasa. Sementara harga martabak asin atau telor mulai Rp 35.000 sampai Rp 51.000.

Dari segi harga, Martabak Tropica Bandung mungkin terlihat lebih mahal dibanding harga martabak di tempat lain. Tetapi menurut kesaksian banyak pengunjung, harga tersebut sangat wajar dan fair. Martabak Tropica Bandung lebih tebal, lebih banyak, topping-nya bervariasi dan teksturnya lembut sekali.

martabak tropika

Tokoh dan selebritis penggemar Martabak Tropica Bandung (Gambar diolah dari Instagram)

Yang jelas, Martabak Tropica Bandung sangat enak dan memuaskan. Karena itu tidak mengherankan jika banyak tokoh dan selebriti yang sangat menggemari martabak ini.

Anda juga tertarik untuk mencicipi kelezatannya ? Silahkan datang ke Martabak Tropica Bandung, martabak manis paling enak di Bandung. Rasakan sensasinya !

Sumber tulisan dan gambar :

instagram.com/kedaimartabaktropica.bandung, kulinerakut.wordpress.com & travel.kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: