Mudahnya Melacak Kiriman Surat/Barang Lewat Ponsel

Mereka yang terjun dan bergelut di dunia jual beli online, entah itu di Kaskus, Toko Bagus, Multiply atau yang lainnya, tentu sangat membutuhkan perusahaan ekspedisi yang handal yang dapat menjamin bahwa barang/dokumen yang mereka kirimkan akan diterima oleh para pemesan dalam keadaan tepat waktu dan aman.

Termasuk hal yang paling menjengkelkan dalam soal pemengiriman ini adalah ketika barang/dokumen yang kita kirimkan kita terlambat diterima  oleh si penerima. Penerima pasti akan terus menanyakan nasib kiriman tersebut kepada kita, si pengirim barang.

Kadang-kadang kejengkelan tersebut menjadi bertambah ketika kita membuat pengaduan kepada petugas customer service di perusahaan ekspedisi tersebut. Sudah buang waktu dan uang untuk datang ke kantor ekspedisi, ternyata belum juga mendapat jawaban yang memuaskan karena belum ada kejelasan nasib barang/dokumen kita..

Mengadu lewat telepon juga seringkali menambah kejengkelan. Sudah melayaninya kadang kurang baik, jawabannya juga tidak jelas, bahkan telepon dari kita sering tidak diangkat oleh petugas call center.

Melacak status kiriman lewat website, seringkali juga tidak praktis. Membuka website perusahaan yang tidak ada versi mobile-nya melalui ponsel juga tidak nyaman karena tampilannya terlalu kecil. Kita juga kadang susah mengentri nomor kiriman kita di menu jejak lacak  di website tersebut.

Di luar cara konvensional di atas, saat ini ada cara lain yang lebih simpel yang bisa kita pilih untuk melacak kiriman tersebut, yaitu melalui sebuah aplikasi yang diberi namaLacak Paket.

Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan jejak lacak terhadap semua kiriman surat/barang yang dikirim lewat Pos Indonesia, TIKI atau JNE, baik untuk tujuan dalam maupun luar negeri.

Aplikasi ini tersedia untuk ponsel/tablet yang beroperasi dengan sistem operasi Android dan bisa diunduh di Google Play Store. Untuk ponsel/tablet dengan sistem operasi lain seperti Windows Mobile, iOS atau Symbian, saya belum mengetahuinya.

Untuk melakukan track & trace kiriman, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut di  Google Play Store, tempat belanja dan mengunduh berbagai aplikasi untuk gadget dengan sistem operasi Android. File untuk aplikasi ini tidak membutuhkan memori yang besar, hanya 437 kb, gratis pula.

Setelah diunduh aplikasi tersebut akan terinstall sendiri. Tampilannya adalah seperti di bawah ini.

Tampilan muka

Jika sudah terinstall, maka saat itu juga kita bisa melakukan T & T di ponsel atau tablet kita. Tinggal masukkan nomor kiriman kita, hasil jejaknya akan muncul di gadget kita. Contohnya adalah di bawah ini.

Hasil pelacakan

Selain untuk melakukan T & T, dengan aplikasi ini kita juga bisa mengetahui tarif kiriman barang/dokumen yang akan kita kirim.

Untuk mengecek biaya pengiriman

Dengan aplikasi ini semuanya menjadi mudah. Kita tidak akan menemui  berbagai keribetan seperti disebut di atas. Tinggal buka, masukkan nomor kiriman atau kita scanbarcode kiriman, kita akan tahu posisi terakhir kiriman yang kita kirim.

Mudah sekali bukan ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: